Pages

Jumat, 15 November 2013

Berita Terkini

Wah wah ... sibuk bengong kawan ? yuk update wawasan tentang politik kita , gimana sih kabarnya saat ini.
Lets go....



Lunasi utang ke CIC, BUMI masih punya utang USD 2,802 M


Lunasi utang ke CIC, BUMI masih punya utang USD 2,802 M
tambang batubara

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) optimis dapat menyelesaikan utangnya kepada China Investment Corporation (CIC) akhir tahun 2013 ini. Direktur BUMI Andrew C Beckham memaparkan, dari total utang yang mencapai sebesar USD 1,787 miliar atau sekitar Rp 20,8 triliun ke CIC tersebut, untuk tahap awal perseroan akan membayar USD 1,357 miliar.

Dana sebesar USD 1,357 miliar akan didapat perseroan melalui penjualan saham PT Kaltim Prima Coal (KPC) sebesar 19 persen atau setara USD 950 juta, kemudian menjual saham BRMS sebesar 42 persen atau setara USD 257 juta, dan Rights Issue BUMI yang mencapai USD 150 juta.

"Untuk total yang akan kami bayar dalam melunasi utang sebesar USD 1,357 miliar, dari total utang yang mencapai USD 1,787 miliar. Sehingga perbedaan atau sisa utang antara kami dengan CIC mencapai sebesar USD 430 juta," ungkap Andrew di Hotel Aston Rasuna, Jakarta, Rabu (20/11).

Sedangkan sisa utang sebesar USD 430 juta akan dilunasi melalui upaya restrukturisasi utang atau refinancing dari CIC dengan suku bunga Libor + 6,7 persen.

"Pinjaman sebesar USD 430 juta dijalankan selama tiga tahun dengan libor dan bunga sebesar 6,7 persen per tahun. Tidak ada utang pokok dan bunga dapat dibayarkan pada tahun pertama," ujar Andrew.

Andrew menegaskan, transaksi penyelesaian utang CIC akan dirampungkan pada akhir tahun ini, setelah mendapat persetujuan dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan dilaksanakan jelang akhir tahun ini.

Adapun total utang yang dimiliki perseroan hingga kuartal III-2013 sebesar USD 4,220 miliar. Dengan melunasi utang perseroan kepada CIC, maka utang perseroan tinggal sebesar USD 2,802 miliar.



Soeripto dicecar soal peran Sengman di kasus kuota impor daging

Soeripto dicecar soal peran Sengman di kasus kuota impor daging
Soeripto diperiksa KPK.

 Komisi Pemberantasan Korupsi mulai mengusut dugaan keterlibatan pengusaha Sengman Tjahja, dalam kasus dugaan suap pengurusan penambahan kuota impor daging sapi pada Kementerian Pertanian.

Hari ini, KPK mencecar mantan Anggota Majelis Syuro PKS, Soeripto, soal dugaan keterlibatan Sengman yang disebut-sebut sebagai salah satu orang kepercayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Soeripto, dalam pemeriksaan hari ini dia mengaku banyak dicecar penyidik KPK soal peran para pihak di dalam pusaran kasus suap itu. Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara itu mengaku salah satu pertanyaan adalah soal Sengman.

"Apakah saya kenal sama Sengman? Saya bilang enggak kenal. Apakah pernah bicara soal mengajukan persoalan impor daging dari Sengman? Gimana saya mau mengajukan, kenal pun tidak dan tak pernah itu," kata Soeripto usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/11).

Soeripto juga mengaku tidak mengenal tersangka kasus dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi, MEL (Maria Elizabeth Liman). Dia juga dicecar apakah pernah diajak bicara soal kuota impor daging sapi dengan Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin, atau Luthfi Hasan Ishaaq.

"Saya bilang enggak pernah. Paling-paling saya itu kalau diminta masukan baik dari Ustaz Hilmi ataupun Ustaz Luthfi yang berkaitan dengan situasi dalam negeri, situasi politik, ekonomi, sosial, berupa penilaian keadaan dan juga pengaruhnya faktor dinamika eksternal," ujar Soeripto.

Dalam persidangan Ahmad Fathanah, saksi Ridwan Hakim yang juga anak Hilmi Aminuddin pernah mengatakan Sengman adalah utusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono buat mendekati petinggi partai. Dalam sidang Luthfi Hasan Ishaaq, Menteri Pertanian Suswono mengaku pernah didatangi Sengman di kantornya. Kedatangan Sengman itu guna melobi Suswono supaya mau memberikan jatah kuota impor daging sapi dengan sebuah perusahaan yang dia bawa. Saat itu, Suswono mengaku Sengman mengaku sebagai orang dekat SBY. Tetapi, Suswono menolak secara halus permintaan Sengman itu.



Tuntut kenaikan UMK, demo buruh di DPRD Bandung ricuh


Tuntut kenaikan UMK, demo buruh di DPRD Bandung ricuh
Demo buruh di DPRD ricuh.

Demonstrasi buruh yang dilakukan pada hari ke tiga di kantor DPRD Kota Bandung berlangsung ricuh. Ribuan massa yang sejak pagi tadi menunggu bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, memaksa masuk ke pagar yang dihadang barikade polisi.

Seorang orator yang berada di mobil mengajak buruh untuk memberanikan maju, tak ayal pagar DPRD Kota Bandung sempat rubuh karena terdorong barikade. Dikabarkan seorang polisi mengalami luka. Aksi itu tak berlangsung lama atau hanya sekitar 5 menit.

Pantauan merdeka.com Rabu (20/11), hingga pukul 17.10 massa dari berbagai elemen buruh tersebut masih bertahan di depan Gedung DPRD. Namun kondisi sekarang sudah jauh lebih kondusif.

Perwakilan dari mereka sudah masuk ke dalam gedung DPRD untuk beraudiensi. Pada tuntutannya, buruh tersebut meminta Upah Minimum Kota (UMK) Rp 2,7 juta. Meski Pemkot Bandung sudah memutuskan Rp 1,9 juta, namun buruh tak terima.

Aksi demonstrasi ini sudah berlangsung selama tiga hari. Kawasan DPRD Bandung juga mengalami macet karena buruh juga menutup jalan.



4 Hal mengejutkan ini mempengaruhi cara kerja otak

4 Hal mengejutkan ini mempengaruhi cara kerja otak
Ilustrasi otakAda banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak. Mulai dari rajin mengonsumsi makanan sehat untuk otak atau yang biasa disebut dengan food brain hingga rajin berolahraga. Olahraga terutama yang dilakukan secara rutin akan memperlancar aliran darah ke otak. Akibatnya otak pun akan menjadi lebih sehat.

Namun tahukah Anda bahwa 6 hal yang mengejutkan ini dapat mempengaruhi bagaimana cara otak Anda bekerja?

Gen
Gen pada tiap orang berbeda-beda. Gen akan mempengaruhi susunan sel, kromosom, dan hormon yang berbeda pada tiap orang. Begitu pula dengan otak. Oleh karena itu mengapa cara orang Asia berpikir berbeda dengan orang Eropa. Selain karena kultur yang berbeda, gen yang mempengaruhi cara otak mereka bekerja pun juga berbeda.

Stres akan berdampak buruk pada otak
Setiap orang termasuk Anda memang tidak dapat terhindar dari stres karena stres adalah bagian dari siklus hidup. Namun apabila Anda terkena stres ada baiknya Anda belajar untuk mengelolanya dengan baik. Seperti dilansir dari care2.com, stres akan menimbulkan tekanan di otak. Apabila hal ini berlangsung lama dan terus-menerus maka akan menyebabkan penyusutan hippcampus atau bagian penting di otak untuk menangani stres dan juga berfungsi sebagai memori.

Meditasi baik untuk otak Anda
Bentuk-bentuk meditasi seperti yoga dan relaksasi tidak hanya mengubah keadaan pikiran Anda namun juga struktur otak Anda. Meditasi akan merangsang aliran darah ke otak sehingga akan memperkuat jaringan saraf di otak. Selain itu meditasi akan memperkuat bagian otak yang disebut dengan korteks prefrontal sebelah kiri. Bagian ini akan membantu Anda dalam menghambat emosi negatif sehingga Anda tidak mudah binggung, marah, takut, atau sedih.

Otak Anda berlaku seperti Anda melakukannya
Oleh karena itu muncul ungkapan yang menyebutkan bahwa otak itu ibarat pisau. Apabila Anda rajin mengasahnya, maka akan semakin tajam. Namun apabila Anda jarang mengasahnya, maka akan menjadi tumpul. Begitu pula dengan otak. Apabila Anda rajin untuk mengasah kemampuan otak, maka fungsi dan daya kerja otak akan semakin maksimal.

Otak adalah salah satu organ tubuh yang penting untuk Anda. Otak tidak hanya mempengaruhi cara Anda berpikir namun juga berpengaruh terhadap kesehatan Anda.



Ajaib, ribuan pemilih di Kota Batam memiliki alamat sama

Reporter : Hery H Winarno | Jumat, 15 November 2013 15:55
Share Detail
Ajaib, ribuan pemilih di Kota Batam memiliki alamat sama
DPT Pemilu 2014. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori





Merdeka.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Batam Kota, menemukan ribuan nama ganda dalam daftar pemilih tetap. Ribuan nama ganda itu juga berdomisili pada tempat yang sama.

Berdasarkan data dari Ketua Panwaslu Kecamatan Kota Batam, Puryadi, temuan tersebut di antaranya terjadi di Perumahan Villa Pesona Asri, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, terdapat sekitar 1.900 pemilih yang memiliki alamat tempat tinggal ganda, dan sebanyak 1.200 di antaranya berdomisili pada tempat yang sama.

Dia mencontohkan terdapatnya dua nama Abdullah dengan alamat di Villa Pesona Asri Blok A-14 No 9 di RW 10. Namun, bedanya Abdullah yang pertama lahir di Lawang pada tanggal 14 April 1977 dengan jenis kelamin perempuan, sementara nama Abdullah kedua di alamat yang sama, lahir di Penarah, 5 Agustus 1983, dengan jenis kelamin laki-laki.

"Anehnya lagi, di alamat tersebut ternyata rumah kosong dan tercatat ada sebanyak 1.102 pemilih yang terdaftar dalam DPT," kata Puryadi seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/11).

Selain di Villa Pesona Asri Blok A-14 No 9, temuan itu di antaranya juga terdapat Villa Pesona Asri Blok A-10 No 19 yang memiliki 188 pemilih. Padahal, di alamat ini tidak ada rumah karena di Villa Pesona Asri Blok A-10, alamat rumah terakhir hanya sampai nomor 18.

Begitu juga di Perumahan Villa Pesona Asri Blok B nomor 3, terdapat 226 pemilih, padahal di tempat tersebut hanya dihuni tiga orang.

Saat data tersebut dikroscek kepada Ketua RT, diketahui bahwa dalam satu RT tersebut hanya terdapat sekitar 110 rumah. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 90 rumah yang berpenghuni, selebihnya rumah kosong.

Ketua Pokja DPT KPU Kota Batam Ahmad Yani mengatakan bahwa pihaknya sudah membentuk tim pencari fakta yang berjumlah lima orang untuk menelusuri temuan tersebut karena temuan terjadi di Kecamatan Batam Kota, yang memiliki jumlah pemilih terbanyak dibanding kecamatan lain di Kota Batam.

"Pada dasarnya kami berharap bisa dilakukan verifikasi faktual terhadap pemilih yang terdaftar di DPT sehingga nama-nama pemilih di DPT dapat dijaga validitasnya," kata dia.

Yani mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan bersama tim pencari fakta, camat, PPK, PPS, Pantarlih, RT, dan RW Perumahan Villa Pesona Asri di Kantor Camat Batam Kota, Kamis (14/11) malam.

Ketua Tim Pencari Fakta Mulkan Siregar yang juga anggota KPU mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 120.000 pemilih bermasalah di DPT Kota Batam dalam Pemilu 2014.

Selain nama dan alamat ganda, juga terdapat sejumlah variabel pemilih yang perlu pencermatan ekstra, seperti terkait dengan nomor induk kependudukan (NIK), alamat, jenis kelamin, dan tanggal lahir.

"Kami mohon kepada PPK untuk mengevaluasi kembali, kalau memang tidak ada NIK, bisa dibuat berita acaranya, biar dapat diketahui jumlah pemilih yang tidak memiliki NIK," kata Mulkan.



Pemilih di luar negeri minta KPU gelar pemilu lebih dari 1 hari

Reporter : Muhammad Sholeh | Jumat, 15 November 2013 15:51
Share DetailPemilih di luar negeri minta KPU gelar pemilu lebih dari 1 hari
Stiker Kotak Suara . ©2012 Merdeka.com/imam buhori
Berita Terkait


Merdeka.com - Hingga 21 November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melancong ke sejumlah negara untuk sosialisasi kepada Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN). Tidak sedikit keluhan-keluhan dan saran yang disampaikan PPLN terhadap KPU. Salah satu keluhan mereka adalah waktu pelaksanaan pemungutan suara pada 9 April 2014.

"Mereka (PPLN) mengusulkan supaya untuk pemungutan suara di luar negeri tidak satu hari. Tetapi bisa beberapa hari seperti misalnya KPU menetapkan antara 30 Maret sampai 6 April 2014. Jangan 1 hari," ungkap Komisioner KPU Sigit Pamungkas kepada wartawan, Jakarta, Jumat (15/11).

Sigit menambahkan, usulan atau keluhan yan disampaikan petugas PPLN tersebut ada betulnya. Jika pemilu dilakukan sehari, maka warga Indonesia yang berada di luar negeri akan minim partisipasinya.

"Kalau pelaksanaan pemilunya satu hari sudah pasti mereka memprediksikan partisipasi rendah. Karena mereka kesulitan mendapatkan izin bekerja, kesulitan untuk mengonsolidasikan pemilih pada hari itu," jelas Sigit.

Menurut PPLN, kata Sigit, jika pelaksanaan pemilu di luar negeri dilakukan lebih dari sehari maka dapat mendongkrak partisipasi pemilih. "Tetapi penghitungan suaranya tetap dilaksanakan pada tanggal 9 April. Tapi pemungutan suara lebih dari 1 hari sehingga mereka bisa mengoptimalkan pemilih yang datang ke TPS," imbuhnya.




'Banyak buku sejenis, mengapa buku Prabowo ditolak Gramedia'

Reporter : Muhamad Agil Aliansyah | Jumat, 15 November 2013 15:17
Share Detail
'Banyak buku sejenis, mengapa buku Prabowo ditolak Gramedia'
buku prabowo. ©Kominfo DPP Partai Gerindra
Berita Terkait
 


Merdeka.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerinda Ahmad Muzani menyatakan kecewa terhadap keputusan manajemen Toko Buku Gramedia yang menolak mengedarkan buku Prabowo Subianto yang berjudul 'Surat untuk Sahabat'. Muzani heran, di masa demokrasi seperti sekarang ini masih saja ada penolakan terhadap suatu gagasan untuk memajukan bangsa.

"Kami sangat menyesalkan ada satu toko buku yang masih melakukan penolakan terhadap pemikiran alternatif untuk sebuah bangsa," ujar Muzani saat dikonfirmasi merdeka.com di Jakarta, Jumat (15/11)

Anggota Komisi I DPR ini menjelaskan, usai mendapat keterangan tertulis dari pihak Gramedia, pihaknya belum menanggapi lebih jauh. Partainya masih melihat lebih dulu sebab buku itu ditolak.

"Saat ini kami baru melakukan pengecekan saja, soal sebabnya kenapa itu ditolak nanti kami akan konfirmasi lagi," kata Muzani.

Terkait alasan manajemen Gramedia yang menilai buku setebal 270 halaman itu sebagai political campaign, atau marketing campaign dari Partai Gerindra, Muzani tak habis pikir. Sebab, buku dengan kategori sejenis bisa dijual di Gramedia.

"Partai Gerindra sangat menyesalkan masalah penolakan ini. Karangan buku yang serupa (karya partai lain) ditemukan sangat banyak kok," cetusnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto pada Senin 4 November 2013 merilis buku 'Surat untuk Sahabat'. Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan Prabowo yang pernah dia rilis di Facebook pribadinya.

Kepala Bidang Kominfo DPP Partai Gerindra, Ondy A. Saputra mengatakan bahwa buku itu merupakan upaya Prabowo agar masyarakat luas dapat mengetahui perasaan dan berbagai pemikirannya secara mendalam.

"Buku ini sangat disarankan untuk semua warga negara Indonesia yang ingin mengetahui pemikiran dan gagasan serta perjuangan Prabowo Subianto untuk mewujudkan Indonesia Baru. Buku ini dapat dibeli secara langsung di toko buku terdekat atau dibeli di berbagai toko buku online," kata Ondy.

Ondy menjelaskan, di dalam setiap buku yang dijual dengan harga Rp. 80.000 ini juga terdapat bonus film dokumenter 'Membangun Indonesia Raya', di mana Prabowo melakukan presentasi berbagai tantangan bangsa dengan format seperti dokumenter "An Inconvenient Truth" yang pernah dibuat oleh mantan Wakil Presiden AS Al Gore, dan enam buah sticker Gerindra.



Penumpang jatuh dari pesawat di Amerika

Reporter : Ardini Maharani | Jumat, 15 November 2013 15:39


Penumpang jatuh dari pesawat di Amerika

Berita Terkait
Merdeka.com - Kepolisian Kota Miami, Amerika Serikat tengah menyisir pantai timur lantaran seorang penumpang dilaporkan jatuh dari pesawat ketinggian 1.800 meter di atas laut.
Surat kabar the Huffington Post melaporkan, Jumat (15/11), penumpang itu jatuh dari pesawat kecil Piper PA 46. Pilot mengetahui penumpangnya hilang langsung menghubungi operator penerbangan. "Pintu terbuka dan seorang penumpang jatuh. Saya berada 9,6 kilometer dari pusat kota," ujar pilot itu dalam laporan daruratnya.
Operator menegaskan kembali apa benar penumpangnya telah jatuh dan dia pun kembali melapor bila memang benar penumpangnya itu telah membuka pintu belakang dan terjatuh.
Hingga kini pencarian masih berlangsung. Sempat tertunda lantaran tertutup cuaca buruk dan jarak pandang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

About